News

SMAN 3 Bombana Wakili Sultra Sebagai Penyelenggara Science Festival Film 2021

SMAN 3 Bombana Wakili Sultra Sebagai Penyelenggara Science Festival Film 2021

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Bombana terpilih sebagai salah satu peserta Science Film Festival 2021.

Dengan melibatkan beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bombana diantaranya SMAN 10, SMAN 11 dan SMAN 12, SMAN 3 Bombana menggelar festival film sains terbesar di dunia, Selasa (30/11).

Adapun peserta dari kegiatan ini adalah siswa dari kelas X, XI dan XII.

Kepala SMAN 3 Bombana, Yakob Simson Barthimeus menjelaskan Science Film Festival 2021 merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Goethe-Institut Indonesia, yang telah diselenggarakan untuk yang ke 12 kalinya dengan bekerja sama Kedutaan Besar Republik Federal Jerman Bagian Kerja Sama Pendidikan Bahasa Jerman (BKD), SEAMEO STEM-ED, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan Universitas Paramadina.

Pada kegiatan tersebut, terdapat 17 film yang terpilih dari lima negara yang akan ditayangkan secara daring pada 12 Oktober hingga 30 November 2021 di 52 Kota di Seluruh Indonesia.

“Untuk Propinsi Sulawesi Tenggara, SMAN 3 Bombana terpilih menjadi sekolah penyelenggara Science Film Festival 2021,” ujar Yakob Simson Barthimeus, Kamis (2/12).

Lebih lanjut, Yakob menjelaskan, Science Film Festival ini menyajikan isu-isu ilmiah yang mudah diakses dan menghibur bagi khalayak luas, dan menunjukkan bahwa sains bisa menyenangkan.

Ajang ini, kata dia, telah berkembang pesat sejak edisi pertamanya di tahun 2005, menjadi acara Science Film Festival terbesar di dunia.

“Tujuan utama dari Science Festival ini adalah untuk menunjukkan bahwa sains atau ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan dengan cara yang menghibur yaitu melalui media film dan eksperimen sederhana,” katanya.

Festival kali ini mengusung tema “Kesehatan dan Kesejahteraan”, dan diselenggarakan secara daring mengingat situasi dan kondisi pandemi saat ini.

“Segala materi kegiatan berupa penayangan film dan eksperimen dilaksanakan melalui platform zoom, dan diatur langsung oleh tim Science Film Festival di Jakarta sebagai host,” ungkapnya.

Yakob Simson Barthimeus menambahkan, pelaksanaan Science Film Festival di SMAN 3 Bombana merupakan hal yang sangat membanggakan, karena dipercaya untuk melaksanakan kegiatan ini di Sulawesi Tenggara.

Menurutnya, hal ini dapat terjadi karena kemitraan yang dilakukan oleh sekolah dengan Goethe Institut di Jakarta melalui komunikasi yang intensif, termasuk di dalamnya karena prestasi yang dicapai sekolah dalam kurun satu tahun terakhir ini.

 

(cr3/ik)

About Author

admin